Langsung ke konten utama

8 Rekomendasi Cara Menguruskan Badan dengan Olahraga

Sumber: cnnindonesia.com

Bagaimana cara menguruskan badan dengan olahraga? Selain melakukan diet ketat, cara yang wajib kamu lakukan ketika ingin menguruskan badan adalah melakukan olahraga secara rutin. Dengan berolahraga, tubuhmu akan bergerak lebih aktif sehingga jumlah kalori yang terbakar akan semakin besar.

Olahraga mampu menstimulasi pertumbuhan otot tubuh sehingga akan membuat proporsi otot jadi lebih banyak. Olahraga juga mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Nah, berikut ini beberapa cara menguruskan badan dengan olahraga yang bisa dicoba:

Memperbanyak Jalan Kaki

Jika kamu terlalu sering menggunakan kendaraan, cobalah sekali-kali pergi dengan berjalan kaki ke tempat-tempat yang jaraknya dekat. Untuk awalan, cobalah buat target berjalan kaki selama 30 menit per harinya.

Dengan begitu, kamu sudah membakar sebanyak 167 kalori. Jika sudah terbiasa, kamu bisa meningkatkan intensitas dan durasinya.

Lakukan Jogging Setiap Pagi

Di level selanjutnya, kamu bisa melakukan jogging setiap pagi atau ketika sore hari saat kamu punya waktu luang. Jogging selama 30 menit akan membakar sekitar 300-379 kalori. Hampir 2x lipat dari kalori yang terbakar ketika kamu jalan kaki biasa.

Untuk mengawali rutinitas jogging ini, kamu bisa jalan-jalan santai di sekitar lingkungan rumahmu, di lapangan, ataupun di taman. Selain mampu membakar kalori, jogging juga bisa menjadi sarana refreshing tubuh & pikiran serta meningkatkan kebugaran.

Renang

Renang merupakan salah satu jenis olahraga yang paling direkomendasikan jika kamu ingin tau cara menguruskan badan dengan olahraga.

Ketika berenang, seluruh anggota tubuhmu akan bergerak aktif sehingga akan membakar lebih banyak kalori. Berenang selama 30 menit akan membakar sekitar 298 kalori (gaya punggung), 372 kalori (gaya dada), dan 409 kalori (gaya kupu-kupu).

Renang termasuk olahraga low impact yang tidak memberikan resiko berlebihan pada tubuh. Jika kamu memiliki kolam renang pribadi, kamu bisa melakukan olahraga ini setiap hari.

Jika tidak, kamu bisa mengunjungi kolam renang umum setiap akhir pekan. Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, renang juga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja organ pernafasan.

Lakukan Yoga

Cara menguruskan badan dengan olahraga selanjutnya adalah melakukan Yoga. Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan olahraga satu ini?

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang mengutamakan fleksibilitas gerakan. Dalam 40 menit, kamu bisa membakar sekitar 149 kalori melalui olahraga yoga.

Meskipun kalori yang terbakar melalui olahraga yoga tidak terlalu banyak, namun kamu akan mendapatkan beragam manfaat dengan yoga.

Mulai dari sarana refreshing dan meditasi tubuh, sarana menyegarkan pikiran, melatih kelenturan tubuh, hingga perannya dalam mengatur pola makan.

Selain di sanggar-sanggar olahraga khusus, kamu juga bisa melakukan yoga di rumah. Saat ini ada banyak sekali content creator yang membuat konten olahraga yoga yang bisa kamu ikuti di rumah. Untuk alatnya, kamu hanya perlu menyiapkan matras yang nyaman.

Pilates

Pilates ini dapat diibaratkan seperti yoga modern. Olahraga pilates mengutamakan kekuatan dan rehabilitas tubuh serta menggabungkan beberapa teknik pernafasan dalam gerakan-gerakannya.

Jika masih pemula, umumnya kamu akan membutuhkan bantuan dari instruktur profesional untuk meminimalisir resiko cedera.

Pilates adalah salah satu jenis olahraga yang cukup populer di kalangan para selebriti. Banyak yang menjadikan olahraga ini sebagai sarana untuk tetap menjaga bentuk tubuh yang ideal.

Meskipun pilates lebih banyak dilakukan oleh wanita, namun para pria juga dapat mencobanya lho. Melakukan pilates selama 30 menit, akan membakar sekitar 108-168 kalori.

Bersepeda

Cara menguruskan badan selanjutnya adalah dengan bersepeda. Kamu bisa menggunakan sepeda biasa untuk berkeliling di sekitar lingkungan perumahanmu atau kamu juga bisa menggunakan alat sepeda statis seperti yang ada di gym.

Bersepeda di luar ruangan akan membakar sekitar 180-360 kalori. Sementara, sepeda statis akan membakar sekitar 250-280 kalori.

Selain efektif dalam menurunkan berat badan, bersepeda juga mampu menjaga kesehatan pikiran, menjadi sarana refreshing, dan menurunkan resiko penyakit berbahaya.

Lompat Tali

Lompat tali merupakan jenis permainan yang kerap dimainkan anak-anak zaman dulu secara berkelompok. Permainan sederhana ini ternyata dapat membakar cukup banyak kalori. Bahkan, jumlah kalori yang terbakar hampir sama dengan jumlah kalori ketika kamu jogging.

Dalam 30 menit, lompat tali berintensitas rendah dapat membakar sekitar 281 kalori. Sedangkan, lompat tali berintensitas tinggi bisa membakar sampai 421 kalori.

Ketika pertama kali mencoba olahraga ini, lakukan sebisanya terlebih dahulu. Jangan terlalu memaksakan diri, hal ini dilakukan untuk mencegah potensi cedera.

High-Intensity Interval Training (HIIT)

Merupakan latihan kardio intens yang bisa membakar kalori dalam jumlah besar di waktu yang singkat. Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Strength and Conditioning Research, HIIT dapat membakar kalori 25-30% lebih besar dari latihan angkat beban, bersepeda, atau lari.

Latihan HIIT sendiri hanya berlangsung selama 10-30 menit saja. Meskipun singkat, tapi latihan HIIT ini cukup intens dan membutuhkan ketahanan tubuh yang lebih prima.

Jika kamu baru ingin mencoba olahraga rutin, kamu tidak disarankan untuk melakukan HITT ini. Mulailah dari olahraga berintensitas rendah terlebih dahulu untuk membuat tubuhmu menyesuaikan diri.

Referensi: Suaradunia.com

Senam Aerobik dan Bela Diri

Jika kamu sudah bosan dengan variasi olahraga yang itu-itu saja, maka kamu bisa mencoba senam aerobic dan martial arts. Per sesinya, jika dilakukan dengan benar senam aerobik dapat membakar 400-600 kalori per sesinya.

Sementara itu, bela diri mampu membakar lebih banyak kalori lagi dibandingkan daftar olahraga di atas. Contohnya: olahraga karate, taekwondo, dan muay thai bisa membakar sekitar 590-931 kalori per jam. Olahraga tinju di atas ring bisa membakar sekitar 708-1.117 kalori/jam.

Nah, itulah beberapa cara menguruskan badan dengan olahraga yang bisa kamu coba. Agar hasilnya maksimal, kamu harus melakukannya sebagai sebuah rutinitas.

Konsistensi dalam berolahraga sangat dibutuhkan agar kamu bisa menurunkan berat badanmu. Jangan lupa juga untuk mengimbanginya dengan diet ketat yang sehat. Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat Rambut Kering Dan Rontok

Sumber: merdeka.com Merawat rambut kering dan rontok dapat menjadi tantangan tersendiri bagi seseorang. Namun, dengan melakukan beberapa perawatan yang tepat, Anda dapat menjaga kesehatan rambut dan mencegah kerusakan yang lebih parah. Untuk menghindari kerusakan pada rambut tentu kalian harus mengetahui cara merawat rambut kering dan rontok yang tepat. Anda juga harus mengetahui penyebab kerusakan rambut tersebut. Berikut penjelasannya: Penyebab Rambut Kering Penyebab utama rambut kering adalah kekurangan kelembapan. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kekurangan kelembapan pada rambut selengkapnya , antara lain: Paparan sinar matahari yang terlalu lama Pemakaian alat styling rambut yang panas (seperti hair dryer, flat iron, dll) yang terlalu sering Pencukuran atau pemotongan rambut yang terlalu sering Pewarnaan atau proses kelola rambut yang terlalu keras Penggunaan produk-produk styling yang kurang cocok Kekurangan nutrisi dalam diet Kondisi kulit kepala yang kering atau iritasi

Cara Menyimpan Telur Yang Baik Agar Tidak Membusuk

Selamat datang di blog kami! Di sini, kami akan membantu Anda mempelajari cara menyimpan telur yang baik agar tidak membusuk. Kami akan memberikan informasi tentang perlengkapan yang diperlukan, langkah-langkah yang harus anda lakukan, dan tips-tips perawatan telur. Dengan informasi ini, Anda akan dapat memastikan bahwa telur yang Anda simpan selalu dalam kondisi yang baik. Jadi mari mulai belajar cara menyimpan telur agar tetap segar dan sehat! Cara Menyimpan Telur Agar Tidak Membusuk Menyimpan telur agar tidak membusuk adalah tugas yang sulit. Terutama jika Anda menyimpan telur di rumah selama periode waktu yang lama. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk memastikan telur Anda tetap fresh dan jauh dari kebusukan. Pertama, pastikan Anda selalu mencuci telur sebelum Anda menyimpannya di dalam lemari es atau di tempat lain. Cuci telur dengan air mengalir dan sedikit sabun. Kedua, pastikan Anda segera menggunakan telur setelah membelinya. Jika Anda tidak dapat menggunak